Gotong Royong bersama Warga Desa Kampao KKN-04 Universitas Trunojoyo Madura




Gotong royong adalah suatu kegiatan yang biasa dilakukan untuk mempermudah kegiatan manusia. Gotong royong biasa dilakukan oleh masyarakat yang berdomisili di suatu desa. Masyarakat di daerah perkotaan juga melakukan kegiatan gotong royong, namun hanya sebagian masyarakat saja dikarenakan di desa rasa kekeluargaannya lebih besar daripada di kota. Gotong royong bersama warga sangatlah penting karena gotong royong menunjukkan kebersamaan dan persatuan yang harus selalu terjaga dengan baik.  Kegiatan gotong royong memiliki banyak manfaat salah satunya dapat menciptakan rasa persaudaraan antar warga.
Guna meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan antar warga dan menciptakan lingkungan yang asri, bersih dan sehat, mahasiswa KKN bersama warga desa Kampao melakukan kegiatan gotong royong. Gotong royong yang dilakukan adalah menebang pohon yang ada disekitar jalan. Gotong royong penebangan pohon ini dilakukan karena banyak terdapat pohon yang tinggi dan besar yang dapat tumbang sewaktu-waktu apabila terdapat angin kencang, apalagi di desa Kampao pada sore hari sering berhembus angin kencang. Hal ini menyebabkan ketakutan warga apabila terdapat angin kencang, karena dapat menyebabkan pohon tumbang di rumah warga sekitar yang terletak dekat dengan pohon.
Kegiatan gotong royong antara warga dengan mahasiswa KKN di desa Kampao menjadikan mahasiswa bergaul dengan warga sekitar. tanpa ada rasa jijik atau bahkan takut jatuh, mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo madura dengan senang hati berbaur akrab dengan warga yang ada di desa Kampao. Mahasiswa bersama para warga berbondong-bondong untuk menebang pohon dan merapikannya. Kegiatan ini mengajarkan mahasiswa untuk lebih mandiri, beranggungjawab serta pentingnya rasa kebersamaan bukan hanya sesama mahasiswa tetapi juga sesama masyarakat yang ada di sekitar kita.

Komentar