Penyuluhan Pentingnya Berwirausaha



Desa Kampao merupakan desa yang kami tempati untuk KKN (Kuliah Kerja Nyata) dimana tujuan utama kami adalah untuk mengabdi kepada masyarakat dan membantu masyarakat di desa Kampao dalam membangun desa kedepan mulai dari sumber daya manusia, dari segi pendidikan, pemberantasan buta huruf, dan juga sumber daya alam, dimana kami membantu dalam mengelola sumberdaya yang ada menjadi nilai tambah dalam perekonomian desa, dan juga tidak kalah penting yaitu pembangunan desa kedepan mulai dari program yang kami miliki yaitu “Penyuluhan Pentingnya Berwirausaha” dengan maksud dan tujuan kami yaitu memberikan pengetahuan kepada seluruh perangkat desa dan juga masyarakat setempat bahwa berwirausaha di ruang lingkup keluarga sangatlah penting. Lain dari pada itu, berwirausaha juga dapat menambah penghasilan.
Dalam penyuluhan pentingnya berwirausaha yang kami adakan di desa Kampao, kami mengundang salah satu dosen dari Universitas Trunojoyo Madura yang sudah memiliki keahlian dalam bidang berwirausaha yaitu Bapak “Salim Anshori. S,S”, yang akrab di sapa bapak Salim nama panggilan di Fakultas FISIB di program studi Sastra Inggris. Alhamdulillah beliau bersedia menghadiri acara kami dalam penyuluhan pentingnya berwirausaha dan juga membantu apa yang dibutuhkan dan di inginkan masyarakat meskipun terdapat banyak kendala mulai dari menguhubungi beliau dan meminta untuk mengisi dalam acara kami karena beliau sangat sibuk dengan tugasnya sebagai dosen dan juga sekaligus pemateri yang banyak dibutuhkan oleh instansi lain sehingga kami juga menyesuaikan waktu beliau dengan acara kami karena kami sangat berharap beliau yang akan mengisi acara kami dalam penyuluhan pentingnya berwirausaha.
Alhamdulillah beliau bisa hadir dan juga mengisi acara dalam peyuluhan pentingnya berwirausaha pada tanggal 23 Januari 2018 pada hari Selasa di desa Kampao Kecamatan Blega Kabupaten Sumenep di Yayasan Jawahirul Hidayah pada jam 10:00 yang dihadiri oleh seluruh perangkat desa beserta masyarakat setempat yang telah kami undang. Pelatihan tersebut diisi dengan trik dan tips memulai usaha kecil-kecilan dengan potensi yang ada di desa Kampao. Karena di desa Kampao begitu banyak potensi yang dapat di kembangkan untuk menjadi bahan yang memiliki nilai jual lebih tinggi di pasaran. Contohnya seperti kacang, jagung dan bambu. Warga di desa Kampao masih begitu kurangnya ilmu pengetahuan untuk mengelola jagung menjadi makanan yang memiliki nilai jual lebih. Biasanya masyarakat di desa Kampao, jagung hanya sebatas di jadikan pakan ayam dan di olah sendiri menjadi dadar jagung. Bapak Salim Anshori memberikan suatu wawasan bagaiamana memanfaatkan jagung menjadi sesuatu yang berbeda. Misal, bonggol jagung di jadikan sekam untuk tumbuhan dan bisa di olah menjadi pakan ayam dengan cara di giling. Untuk di kembangkan menjadi usaha yang bisa bersaing di pasar tradisional bisa di kemas semanarik mungkin dan di berikan label.
Pada acara penyuluhan pentingnya berwirausaha, masyarakat yang menghadiri acara tersebut begitu antusias bertanya pada pemateri. Baik dari cara pengolahan serta bahan-bahan yang di butuhkan untuk memulai berwirausah tersebut. Kepala Desa Kampao H.Bilal. S.T berharap, dengan adanya penyuluhan pentingnya berwirausaha ini yang di gagas oleh mahasiswa KKN-04 Universitas Trunojoyo Madura di Desa Kampao dapat merubah mindset dari masyarakat setempat untuk membuka usaha baru.

Komentar